Jelajah
IMG-LOGO
PENDIDIKAN

serba-serbi PKL

Create By ZAENAL MUQORROBIN 13 January 2023 82 Views
IMG

Selamat membaca.....

Hai guyss,,,, kali ini kami akan menceritakan pengalaman hari pertama Praktik Kerja Lapangan (PKL) dikantor desa Maduretno 

Group introduction

Kami dari kelompok yang PKL di kantor desa Maduretno yang terdiri dari

-Angga Rozak.k

-Anisa Ameliya 

-Sunar

kami dari SMK Ma'arif kota Magelang Filial Adipuro. pada tanggal 9 januari 2023, kami mulai melakukan PKL di Kantor Desa Maduretno

Apa itu sekolah??

Sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dibidang tertentu. Siswa dapat melanjutkan pendidikan SMK setelah menyelesaikan pendidikan ditingkat sekolah menengah pertama atau sederajat. 

Masa studi siswa jenjang SMK dilaksanakan selama tiga sampai empat tahun. SMK yang menerapkan masa studi pembelajaran selama empat tahun, yang terbagi menjadi tiga tahun masa study dan satu tahun di Industri jurusan terkait . Dan sebagai syarat kenaikan kelas di SMK terutama kelas XI seluruh siswa wajib mengikuti PKL atau praktik kerja lapangan 

Praktik kerja lapangan (PKL) adalah bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten.

Tujuan dari PKL  sendiri adalah 

1. Membantu maha siswa untuk memiliki wawasan karier, memilih bidang karier yang ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dalam lingkungan kerja, serta mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlianya.

2. Membantu maha siswa untuk mengembangkan potensi dan keterampilanya agar menjadi warga Negara dan warga masyarakat yang berakhalak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.

3. Memberikan kesempatan yang luas kepada maha siswa untuk mampu mengaplikasikan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui berbagai pekerjaan di dunia kerja.

4. Mempersiapkan maha siswa untuk produktif dan dapat langsung bekerja di bidang yang telah di tekuni dan di pelajari melalui pendidikan dan pelatihan berbasis kopetensi.

5. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan maha siswa.  

Karena SMK mewajibkan untuk pelaksanaan PKL kamipun akhirnya terjun PKL ke Kantor Desa Maduretno ini.

Kantor Desa Maduretno adalah pusat pelayanan desa, menjadi central segala kegiatan yang ada di desa, baik itu di bidang pemerintah, pemberdayaan, pembangunan,atauor, pembinaan semua berpusat di Kantor Desa keberadaan dan kondisi dari sebuah kantor desa itu sendiri, bahkan tidak jarang masyarakat melihat kantor saja untuk menentukan nilai dari sebuah desa secara keseluruhan.

Pada hari senin Tgl 9 Januari 2023 mulailah kami PKL di Kantor Desa Maduretno. Pada keberangkatan kami pun di dampingi oleh pembibing pihak sekolah untuk menuju ke kantor Desa Maduretno. sesampainya di kantor desa maduretnoini semangat kamipun semakin membesar, kamipun langsung diarahkan untuk bertemu bapak kepala desa.

Setelah bapak kepala desa menyetujui kami untuk PKL di Kantor Desa Maduretno, pembimbing yang mendampingi kamipun kembali kesekolah, dan kami diarahkan untuk berkenalan dengan perangkat desa lainya. kemudian setelah kami berkenalan dengan perangkat desa lainya , kami diarahkan ketempat yang bisa kami tempati, dan kami membersihkan ruangan tersebut.

 

Sekian pengalaman hari pertama kami PKL di kantor desa maduretno, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.

 

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - PENDIDIKAN

Artikel Lainya